Merancang Pembelajaran Berdiferensiasi menjadi topik pelatihan implementasi kurikulum merdeka SMAN 1 Singgahan Tuban (selasa,9/7/2024). Hadir sebagai narasumber adalah Dr. H. Suntari M.Pd., pengawas tingkat SLTP Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban
Materi yang disampaikan Bapak Suntari meliputi penyusunan CP-ATP, KKTP , dan modul ajar berdiferensiasi. Materi dipadatkan dalam sesi satu dari pukul 09.30- 12.00. Dilanjutkan praktik penyusunan modul ajar dan presentasi pada sesi dua.
Dalam waktu singkat, peserta berhasil menyerap materi yang terbilang cukup kompleks. Diawali dengan bedah Capaian Pembelajaran (CP) 2024, Mengembangkannya ke dalam tujuan dan alur tujuan pembelajaran, dan menyempurnakannya dalam satu paket lengkap modul pembelajaran berdiferensiasi.
Bapak Suntari membuka kesempatan peserta berkolaborasi sesuai kelompok mata pelajaran. Kemudian setiap kelompok maupun individu menyusun satu modul sebagai produk pelatihan. Modul yang dihasilkan dipresentasikan sebagai bahan evaluasi bersama. Pada sesi presentasi, Ibu Siti Muannasah pengampu biologi sekaligus waka kurikulum mendapat kesempatan melakukan presentasi.
Pembelajaran berdiferensiasi merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang berfokus pada kebutuhan belajar individu setiap siswa. Dalam pembelajaran berdiferensiasi guru menyadari bahwa setiap siswa memiliki karakteristik, kemampuan, minat, dan gaya belajar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi guru harus berpedoman pada hakekat pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, menghargai keragaman, memenuhi kebutuhan belajar individu, memaksimalkan potensi, dan berkelanjutan.
***
Redaksi