SMAN 1 Singgahan Peringati Hari Pahlawan Tahun 2022 dengan Sendratari

Halo teman-teman , apa yang akan dilakukan ketika hari pahlawan diperingati? Ya , di SMAN 1 SINGGAHAN memperingati hari pahlawan dengan tema pahlawanku teladanku yang sesuai dengan tema hari pahlawan 2022.

Di SMAN 1 SINGGAHAN, meskipun seharusnya diperingati tanggal 10 November tetapi diperingati tanggal 7 November tidak mengurangi esensi (arti) dari peringatan hari pahlawan. Diawali dengan diadakan upacara bendera rutin hari Senin, yang menarik dan spesial dari upacara bendera adalah pembacaan amanat Komandan Kodim Tuban oleh inspektur upacara Komandan Koramil Singgahan Bapak Letda Inf. Tarmudianto, S.Pd., selain itu peserta upacara juga menggunakan kebaya bagi siswi dan batik bagi siswa. Lalu setelah dilaksanakannya upacara bendera dilanjut dengan pertunjukan drama sendratari yang ditampilkan oleh anggota komunitas seni SMAN 1 Singgahan atau bisa disebut SAS (sanggar seni agawe santosa). Pertunjukan sendratari ini berjudul “Untukmu Pahlawanku” , merupakan karya murid dalam komunitas seni SMAN 1 Singgahan yang bercerita tentang perjuangan penyobekan bendera Belanda.

Setelah adanya pertunjukan sendratari, untuk memperingati hari pahlawan OSIS SMAN 1 Singgahan mengadakan lomba membaca puisi dan melukis bertemakan pahlawan. Lomba membaca puisi dan melukis diikuti oleh murid yang ditunjuk sebagai perwakilan kelas.

Selain lomba membaca puisi dan melukis , OSIS SMAN 1 Singgahan juga mengadakan lomba fashion show baju adat dari berbagai provinsi di Indonesia. Sembari menyaksikan lomba fashion show yang diadakan di lapangan upacara, yang diikuti oleh perwakilan dari kelas 10, 11, dan 12 masing-masing 2 anak perwakilan setiap kelas, kita juga dapat menikmati dan membeli berbagai aneka jajanan dan minuman yang diperjualbelikan dibeberapa stand bazaar.

Setiap tahun kita sebagai siswa-siswi SMAN 1 Singgahan pasti selalu memperingati hari pahlawan, tahun ini sangat meriah. Harapan saya semoga kedepannya kita bisa selalu memperingati hari pahlawan dengan partisipasi yang lebih lagi dari siswa-siswi. (Dewi Rindiani 202103

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *