Tamasya Edukatif Wonocolo

Hari Sabtu, tanggal 24 September 2022 adalah hari dimana kelas kami (XI MIPA 1) melakukan kunjungan ke Wonocolo lengkapnya kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro. Tidak hanya kelas kami yang kesana, melainkan ada dua kelas juga yang ikut kesana yaitu (XI MIPA 2 dan XI MIPA 3). Tujuan kami melakukan kunjungan kesana adalah untuk penelitian minyak bumi, dimana itu berkaitan dengan bab yang kami pelajari di mapel kimia yaitu membahas tentang minyak bumi dengan guru pengampu mata pelajaran Ibu Sugiharti, S.Pd.

Rombongan dari kelas kami dipecah menjadi (2) khusus putri naik pick up dan yang putra boncengan naik motor. Kami berangkat pukul 07.49 WIB dengan titik kumpul antara kelas kami dengan kelas lain serta guru pemandu kami itu di hutan Kaligede Senori. Setelah itu kami berangkat bersama menuju tempat lokasi .

Lokasi pertama yang kami tuju adalah Museum “GEO PARK“. Setelah sampai di museum ini, yang pertama kami lakukan adalah sesi foto- foto bersama guru kami. Lalu kami masuk museum dan diberi informasi serta penjelasan yang detail mengenai sejarah Wonocolo, bagaimana cara pengolahan minyak bumi, kandungan apa saja yang ada dalam minyak tersebut,serta perubahan dari segi penggunaan alat – alatnya yang awalnya tradisional menjadi modern. Selain diberi penjelasan yang detail, di museum ini banyak sekali pajangan foto dan tempat-tempat bagus yang bisa digunakan untuk spot foto. Di museum juga ada beberapa fosil hewan purba yang dipajang pada sebuah lemari kaca.

Selanjutnya kita menuju lokasi kedua yaitu di “TEKSAS WONOCOLO”. Untuk menuju ke tempat ini sangatlah banyak rintangan, karena jalanan yang kami lewati belum ada perbaikan, jalan yang penuh bebatuan berhasil kami lewati dengan penuh semangat dan kekompakan. Sesampai di teksas, kami pun menikmati keindahan pemandanganya serta makanan khas situ yaitu nasi gulung. Setelah itu lanjut dilokasi pengeboran,lokasi terakhir yang akan kami tuju. Disana, untuk melihat secara langsung proses pengeboran dan pengolahan minyak bumi kami dipandu langsung oleh pihak sana yang bertugas mendampingi para pengunjung yang datang kesana. Banyak sekali warga yang beraktivitas dengan berbagai macam kegiatan. Kemudian Kami dan semua rombongan melakukan sesi pemotretan di setiap sudut untuk digunakan sebagai laporan. (Siti Indriyanti 202101)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *