SEHANGAT UCAPAN SELAMAT DATANG

Catatan MPLS 2022

Linda Dessa

Senyum Pak Tarsipin, penjaga malam sekaligus pengurus taman SMAN 1 Singgahan mengembang lebih awal. Beliau melihat segerombol siswa baru memasuki gerbang sekolah. Langkah canggung dan perasaan tegang tak bisa disembunyikan saat para siswa baru itu membalas senyum Pak Tarsipin. Tak lama, siswa baru lain mulai berdatangan. Pak Tarsipin menepi, melanjutkan tugasnya di sisi lain taman. Senyumnya semakin merekah melihat wajah-wajah baru yang akan diakrabinya selama tiga tahun ke depan.

Pagi itu adalah hari pertama Masa Pengenalan Orientasi Siswa (MPLS) SMAN 1 Singgahan. Sebanyak 209 siswa baru hadir untuk mengikuti kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 18-21 Juli 2022. Raut tegang berubah ceria saat sapaan hangat bapak ibu guru dan kakak kelas menyambut kedatangan mereka. Dengan cepat dan bersemangat merekapun membaur dan mengikuti apel pembukaan yang dipimpin waka kurikulum, Bapak Sahli.

MPLS tahun ini SMAN 1 Singgahan mengangkat tema Pelajar primordial, berjiwa pancasila dan berbudaya. Sesuai tema, setiap kegiatan dirancang untuk menumbuhkan profil pelajar pancasila. Ada enam karakter utama pelajar pancasila yaitu beriman, bertakwa dan berahklak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, Mandiri, bernalar kritis dan kreatif. Enam karakter itulah yang ditanamkan kepada siswa baru sejak hari pertama MPLS.

Rangkaian kegiatan dilakukan secara indoor dan outdoor. Kegiatan indoor berupa pemberian materi oleh Bapak Ibu guru. Ada lima materi yang diberikan; penanaman ahklak dan penumbuhan karakter, pengenalan tata tertib sekolah, wawasan wiyata mandala, pengenalan visi misi sekolah, wawasan literasi dan profil pelajar pancasila.

Kegiatan outdoor diisi dengan materi pengenalan lingkungan warga, fasilitas dan stakeholder sekolah. Dalam materi ini siswa diajak berkeliling mengenal setiap sudut rindang SMAN 1 Singgahan. Siswa berkenalan dengan aktifitas naik turun tangga yang menjadi tampilan otentik SMAN 1 Singgahan. Selama satu jam berkeliling lingkungan sekolah, wajah-wajah ceria mereka berkeringat. Tapi lelah tak menghapus semangat. Segar udara SMAN 1 Singgahan mampu mengembalikan semangat mereka.

Kegiatan outdoor juga diisi dengan permainan-permainan seru. permainan diberikan di penghujung hari, yaitu setelah sholat dhuhur berjamaah. permainan dirancang untuk menumbuhkan semangat gotong royong, bernalar kritis dan kreatif. permainan adalah sarana ampuh untuk mencairkan suasana. terbukti, setiap permainan dilewati dengan penuh keseruan. Tampak dalam refleksi yang ditulis peserta, banyak peserta yang mengusulkan agar porsi permainan ditambah. Tentu refleksi ini menjadi kajian untuk MPLS tahun mendatang.

Ada tamu istimewa dalam MPLS tahun ini. Beliau adalah Letda Tarmudyanto, komandan koramil Singgahan. Bapak Tarmudyanto hadir secara khusus untuk memberikan materi wawasan kebangsaan. Bapak Tarmudyanto menyampaikan materi dalam bentuk diskusi santai di lapangan depan. Bapak Tarmudyanto membagikan kisah hidupnya untuk memotivasi peserta. Di sela diskusi, Bapak Tarmudyanto selalu menyelipkan pengetahuan tentang rasa cinta bangsa dan semangat persatuan.

Konon, acara sekolah tak lengkap tanpa pensi. Karena itulah, di akhir MPLS panitia mengadakan pensi dan bazar makanan. Pentas seni dan bazar diisi dengan tampilan perwakilan kelas X. Tampilan setiap kelas cukup variatif dan berkelas. Sebuah kejutan, di balik sikap malu-malu siswa baru, terdapat bakat-bakat luar biasa yang muncul.

Bergantian dengan pensi, juga diadakan pengenalan ekstrakulikuler yang dikemas secara menarik dan interaktif oleh SAS ( Sanggar Seni Agawe Santosa). Terdapat pula lomba LBB yang diikuti oleh siswa kelas XI dan XII. Secara menyeluruh, hari itu semua warga sekolah berkumpul. Bersuka-cita menyambut siswa baru dan tahun ajaran baru.

Matahari belum menepi. Terik sinarnya menerobos celah rindang pepohonan sekolah adiwiyata. Beberapa peserta MPLS terakhir baru saja meninggalkan gerbang. Kehangatan dan keceriaan MPLS baru saja usai. Selamat datang siswa baru, selamat bergabung dengan keluarga besar SMAN 1 Singgahan. Bersama, kita akan mengukir prestasi di sekolah tercinta kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published.