Apel MOP 2022 SMAN 1 Singgahan Tanamkan Sikap Peduli Lingkungan

MOP atau Masa Orientasi Pramuka SMA Negeri 1 Singgahan tahun 2022 dengan tema “Mewujudkan Generasi Berkarakter, Berwawasan Tri Satya, dan Dasa Dharma yang di buka pada jum’at, 22 Juli 2022 ini memanglah terasa melelahkan setelah serentetan kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) dari tanggal 18-21 Juli 2022 dan dilanjutkan MOP. Meskipun begitu, banyak keseruan di dalamnya. Pagi tadi ada acara pembukaan MOP SMANSING sesuai dengan program sekolah adiwiyata pembukaan konsep konservasi menjaga kelestarian satwa dengan melepaskan burung perkutut oleh kakak pembina yaitu oleh Kak Sahli, Kak Susanto, Kak Kuswidyatnarko, Kak Nurhayan, Kak Lilin Ayu, Siti Muannasah, Kak Endang Puji Rahayu, Kak Her Dwi, Kak Dhinta Verdiana Marshativa, dan Kak Mohdi.

Upacara pembukaan MOP berjalan dengan lancar di lanjutkan dengan pemberian materi oleh kakak Dewan Ambalan dan kakak pembina pramuka. Selesai pemberian materi kepramukaan dari kakak pembina yang selesai pukul 11.00 dilanjutkan dengan ishoma.

Bertepatan dengan hari jumat yang cerah ini kakak Dewan Ambalan mengarahkan untuk siswa putra segera mempersiapkan jamaah sholat jum’at yang dilaksanakan dimasjid Desa Mulyoagung dengan dipimpin oleh kakak Zaki dan didampingi kakak Dewan Ambalan yang lain, siswa putra pun berjalan beriringan menuju ke masjid dengan peraalatan sholatnya, sedangkan siswi putri menunggu selesai sholat jumat dengan mengisi perutnya dengan bekal yang telah dibawa dari rumah.

Selepas sholat jum’at siswa putra kembali ke sma dan diganti siswi putri sholat dhuhur. Sekitar pukul 13.00 WIB peserta MOP dengan semangat mengikuti acara Kreasi Taman Kelas.

Apasih kreasi taman kelas itu? Dan apasih manfaatnya ? Yapp benar sekali kawan, kreasi taman kelas yaitu sebuah kegiatan yang mendekor ulang atau menata ulang taman didepan kelasnya masing-masing dengan cara peserta MOP yang telah diberi pengumuman untuk membawa tanaman/tumbuhan dari rumah beserta pot/ polibag kemudian ditata rapi dan disusun ulang secara bersama sama.

Sesuai dengan tujuannya yaitu melatih kekompakan dan kreatifitas antar siswa, serta peduli lingkungan sekitar yang sesuai dengan Dasa Dharma Pramuka. Mengingat sekarang banyak tumbuhan yang mati dan taman kelas yang tidak terawat terawat akibat 2 tahun pembelajaran secara daring dampak dari corona ya ges yak…

Oh iya sobat tak lupa, kegiatan tersebut juga dikombakan dan ada penilaian dari kakak pembina pembina loh. Jadi siapa nih disini yang merasa kelasnya tidak kompak atau ada teman yang hanya diam saja? Hehehe . Selesai kegiatan pukul 14.00 dengan dilanjutkan persiapan apel penutupan.
Kegiatan apel penitupan dilakukan pada pukul 14.15 dipimpin kakak Zaki dan acara dilanjutkan hari kedua tanggal 23 Juli 2022 dengan beberapa agenda kegiatan. (Rona Nova Romadhoni)

One thought on “Apel MOP 2022 SMAN 1 Singgahan Tanamkan Sikap Peduli Lingkungan”

Leave a Reply

Your email address will not be published.