SMAN 1 Singgahan Jaya di PORKAB VI Tuban Cabor Atletik

ATLETIK adalah cabang olahraga yang terdiri dari gabungan beberapa jenis olahraga fisik, seperti olahraga lari, lempar, lompat, dan jalan. Yap, atletik telah menjadi olahraga berskala Internasional, bahkan hampir setiap penjuru manapun turut terlibat dalam perlombaan cabang olahraga tersebut.

Disisi lain atletik dianggap sebagai olahraga yang sederhana karena tidak membutuhkan banyak perlengkapan dan peralatan yang rumit. Atletik juga tidak membutuhkan banyak biaya jika ingin menekuninya. Atletik bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan daya tahan, kecepatan, kelenturan, koordinasi, dan kemampuan biomotorik lainnya.

Cabang olahraga satu imi menjadi salah satu cabor yang dipertandingkan pada PORKAB VI TUBAN tahun 2021. Kali ini SMA Negeri 1 Singgahan turut memeriahkan PORKAB VI Cabor Atletik dengan mengirim siswa siswi nya untuk mengikuti beberapa jenis cabang lomba atletik. Tujuan dari pengiriman siswa siswi adalah untuk menguji dan membuktikan kemampuan, potensi, prestasi siswa/siswi khususnya di wilayah Kabupaten Tuban.

Penyelenggaraan PORKAB VI CABOR ATLETIK tahun 2021 diketuai oleh Bapak H. Mirza Ali Manshur, S.T.,M.M. dan untuk ketua umum panitia, H. Mohbib. PORKAB VI CABOR ATLETIK dilaksanakan pada tanggal 6 November 2021 dengan berbagai cabang perlombaan seperti lari, lompat jauh, tolak peluru, lempar lembing, dan lempar cakram. Adapun rangkuman tentang jenis cabang Atletik.

Lari Jarak Pendek merupakan olahraga Atletik yang menuntut peserta dengan berlari secepat dan sekuat mungkin jika ingin memenangkan pertandingan dengan jarak yang ditempuh 100m, 200m, dan 400m.

Lari Jarak Menengah dalam olahraga ini mengharuskan peserta dapat mengatur kecepatan, stamina, serta nafas saat berlari.Jarak yang ditempuh 800m, 1500m, 3000m.

Lari Jarak Jauh merupakan satu diantara nomer lari yang mengharuskan para pelari memiliki stamina yang banyak serta kecepatan dalam berlari

Lempar Cakram adalah lomba atletik yang menggunakan sebuah benda kayu yang berbentuk piring bersabuk besi atau bahan lain yang bundar pipih dilemparkan

Lempar Lembing cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara melempar sebuah alat seperti tombak sejauh mungkin dan disertai teknik yang baik dan benar.

Tolak peluru adalah menolak bola yang terbuat dari besiatau semen sejauh sajuhnya menggunakan teknik baik dan benar.

Lompat Jauh merupakan olahraga yang mengharuskan
atlet melompat
jauh ke depan, olahraga tersebut harus dilakukan dengan cepat saat melakukan tolakan pada suatui kaki untuk mencapai jarak yang sejauh mungkin.

Pada kesempatan kali ini SMAN 1 Singgahan berhasil memborong medali dari Cabor Atletik , berikut adalah nama-nama para juara dari SMAN 1 Singgahan:

JUARA 1 LOMPAT JAUH yang diraih oleh Yolla Adelina Febrianti ( X MIPA 2)

JUARA 2 LEMPAR LEMBING (PA) yang diraih oleh Teguh Santoso (XI IPS 2)

JUARA 2 LARI JARAK 200M (PI) yang diraih oleh Sofi Alyana (XI MIPA 3)

JUARA 2 LARI JARAK 800M (PI) yang diraih oleh Dahayu Diah Puspita (X MIPA 2)

JUARA 3 LEMPAR LEMBING (PI) yang diraih oleh Aulia Ratna Hakim (XII MIPA 1)

JUARA 3 LARI JARAK 200M (PI) yang diraih oleh Rona Nova Romadhoni (XI MIPA 3)

JUARA 3 LARI JARAK 800M yang diraih oleh Ahmad Albasith (XII MIPA 1)

    Itulah serangkaian kegiatan PORKAB VI CABOR ATLETIK tahun 2021 dengan adanya PORKAB CABOR ATLETIK semoga bisa meningkatkan semangat para atlit Atletik lainnya baik SD, SMP, maupun SMA. Bagi yang belum beruntung dalam pertandingan kali ini jangan patah semangat dan jangan berkecil hati. Tetap semangat dan pantang menyerah. Sekian liputan dari saya, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat dan bisa menumbuhkan rasa semangat yang tinggi kedepannya. Selamat berproses. (/RonaNR)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *